laskar pelanginya Andrea Hirata


Sebenernya agak telat juga sih baru baca buku ini, setelah sekian banyak orang-orang ngomongin gimana menariknya nih buku. Buku yang menceritakan tentang kisah nyata sang pengarang, yang dipanggil oleh teman-temannya dengan nama Ikal, tentang pengalaman masa kecilnya di Pulau Belitung.

Kisah yang dihadirkan adalah bagaimana masyarakat marginal di negara ini yang biasanya kurang terperhatikan, begitu semangat dan antusias dalam mencari ilmu. Mereka yang termarginalkan di tanah leluhurnya sendiri, mencoba untuk mengenyam pendidikan dengan minimnya fasilitas yang ada.

Cerita dalam setiap bab begitu inspiratif. Saya terkesan dengan seorang anak bernama Lintang, yang punya otak super jenius, harus rela mengayuh sepedanya menempuh jarak 80km P-P dari rumahnya hanya untuk bersekolah. Bahkan ia harus rela melewati rawa yang banyak buaya, menenteng sepedanya yang bocor, sampai melewati badai, hanya untuk menyanyikan lagu "Padamu Negeri". Kemudian semangatnya itu pupus, ketika ia dipaksa untuk rela meninggalkan bangku sekolah untuk menghidupi anggota keluarganya setelah ayahnya meninggal.

Kemudian, semangat seorang Guru dalam mendidik murid-muridnya tanpa pamrih. Beliau begitu rela mendidik di tengah sekolah, yang disebut seperti Gudang Kapra, selama bertahun-tahun. Guru yang bukan hanya mendidik, tapi mengayomi. Sangat jarang kita menemukan guru seperti ini sekarang.

Intinya, cerita di buku ini begitu inspiratif. Mungkin bisa mendongkrak semangat belajar kita. Kita yang selama ini disuguhi berbagai macam fasilitas modern ternyata semangat belajarnya jauh lebih kecil dibandingkan mereka yang minim fasilitas.

No Response to "laskar pelanginya Andrea Hirata"

Posting Komentar

mohon komentar, kritik, dan sarannya...

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme